KEYBOARD DAN TOUCHPAD LAPTOP TIDAK BERFUNGSI

Beberapa hari yang lalu kakak sepupu saya datang ke rumah sambil nangis kayak ketakutan dia datang kerumah nyari saya, ternyata dia datang buat nanyain tentang notebook Toshiba ibunya yang rusak dia takut karena ngerasa ibunya nuduh dia yang ngerusakin. Ya sudah kemudian sorenya saya datang kerumah budhe saya untuk mengambil notebook yang rusak tersebut.

Notebook tersebut kemudian saya bawa pulang ke rumah, tipe/ model notebook tersebut adalah Toshiba Satellite C600 dengan sistem operasi Windows 7. Trobel/ masalah dari notebook itu ternyata keyboard dan mouse touchpadnya tidak berfungsi sama sekali. Dari keterangan budhe dan kakak sepupu saya katanya notebook tersebut setelah dibeli hanya dipakai beberapa minggu saja kemudian setelah itu tidak pernah dipakai sama sekali, dan kira – kira 15 bulan notebook tidak dipakai sama sekali. Kemudian setelah notebook tersebut saya bawa pulang mulailah saya mencari solusi dari masalah tersebut.



Masalah pertama muncul, notebook tidak mau masuk bios sama sekali padahal saya sudah pake usb keyboard. Satu sampe dua jam saya biarin itu notebook sambil berfikir gimana cara untuk mengatasi masalah itu. Kemudian terlintas pikiran mungkin saja karena tidak dipakai lama bisa korslet dan berpengaruh ke keyboard dan mouse touchpadnya karena baterai yang tidak dilepas dan baterai dalam kondisi ada isinya. Kemudian saya lepas saja baterai notebook tersebut dan saya pasngkan adaptornya. Kemudian notebook saya hidupkan tanpa baterai dan hanya menggunakan adaptor yang terhubung ke listrik saja. Dan ternyata setelah masuk windows mouse touchpad dan keyboard notebook tersebut ajaibnya dapat sembuh dengan sendirinya dan dapat berfungsi dan kemudian saya matikan dan saya pasang kembali baterai notebook tersebut.

Akan tetapi meskipun sudah dapat berfungsi ternyata terkadang touchpadnya juga tidak berfungsi dengan baik misalnya tap to click tidak berfungsi meskipun dalam settingannya sudah dicentang. Kesimpulan yang saya ambil kemungkinan hardware di notebook tersebut ada yang sudah terkena imbas dari tidak dipakainya notebook tersebut terlalu lama.

Ada beberapa saran dari saya pribadi jika ingin menyimpan laptop/ notebook dalam waktu lama untuk tidak dipakai antara lain :

  • Kosongkan baterai notebook/ laptop terlebih dahulu sampai 0% atau paling tidak 5 %.
  • Lepaskan baterai lapotop/ notebook jika sudah dikosongkan.
  • Simpan ditempat yang aman jangan sampai terkena air dan hindarkan dari tempat panas berlebih dan juga lembab.
  • Paling tidak hidupkan laptop/ notebook tiap bulan 1 kali dengan menggunakan adaptor ( disarankan adaptor dilewatkan stavolt atau stabiliser ) kurang lebih 5 menit untuk menjaga agar komponen elektronik tidak lembab.
Mungkin itu saja sebagian pengalaman saya semoga bisa bermanfaat buat teman – teman yang berkunjung ke blog ini. Terima kasih dan mohon saran kritiknya untuk kemajukan blog ini.

Posting Komentar

26 Komentar

  1. Thx mas bro, saya dah coba dan berhasil. laptop kini dah bisa kembali

    BalasHapus
  2. makasih gan sukses trik nya :D

    BalasHapus
  3. Mantap boss... alhamdulillah... cageur laptop saya

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah... Work 100%.. Syukron...

    BalasHapus
  5. Notebook kembali berfungsi baik.. thank..

    BalasHapus
  6. Kalau windows 8 gimana gan.??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sudah lepas batrainya dan tetep aja nggak bisa mohon pencerahanya gan.!!!

      Hapus
    2. Saya sudah lepas batrainya dan tetep aja nggak bisa mohon pencerahanya gan.!!!

      Hapus
  7. Kalau windows 8 gimana gan.??

    BalasHapus
  8. Gua batrenya di dalam nyambung gimana gan

    BalasHapus
  9. thanks gan..
    untuk sementara work 100%..

    BalasHapus
  10. ����thanks

    BalasHapus
  11. Gan klo puny saya win8 32bit ko ga bisa ya.. masih ga berfungsi.

    BalasHapus
  12. jos tenan, berhasil... juga. makasih gan ..

    BalasHapus
  13. Klu batrenya ditanam harus dibongkar dong asus x200c

    BalasHapus
  14. Laptop saya lenovo b40 ada beberapa tombol tidak berfungsi,, sudah saya coba cara gan maksud tapi tetap tidak berfungsi,mungkin ada pencerahan untuk memperbaiki keyboard laptop saya...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau beberapa tombol itu emang hardware sudah rusak gan.... Kalo semua tombol itu kemungkinan dari softwarenya

      Hapus
  15. Laptop saya batrai tanam bos.. mohon caranya....

    BalasHapus
  16. Laptop saya batrai tanam bos.. mohon caranya....

    BalasHapus
  17. solusi terbaik keyboard Macbook A1708 A1709 kena air /kopi jadi susah ditekan, tombol keyboard Macbook Touchbar yg lepas http://zapplerepair.com/solusi-keyboard-Macbook-A1708-A1709-kena-air-jadi-susah-ditekan.html

    BalasHapus
  18. thanks infonya gan !
    Macbook Air kena cairan sedikit keyboard dan trackpad rusak
    Ini Jawabannya

    BalasHapus
  19. gini min, laptop saya asus.. saya sydah pake sekitar 3 tahunan gitu. nah kata temen saya touchpadnya gak enak karena cepet dan ringan, menurut saya malah enak dari pada yg lambat dan geraknya pendek.
    permasalahannya saya rasakan akhir-akhir ini, touchped sepertinya terlalu sensitif jadi suka gak sengaja nyeret file dan pindah filenya.. dan kalau gak sengaja kena tangan pas lagi ngetik nanti kursor pindah. pokoknya terlalu sensitif gitu, gmn ya solusinyaa?
    https://cody.id/produk/blower/solder-uap-cody-909d-2/

    BalasHapus

MOHON TULISKAN KOMENTAR, SARAN ATAU KRITIK YANG MEMBANGUN DAN TIDAK MENGANDUNG SARA ATAU PELECEHAN.
TERIMA KASIH